Life

Bermain Game Android seru, dampaknya?

Bermain game android?

Bermain game merupakan hal yang biasa dilakukan untuk mengurangi stress akibat berbagai aktivitas yang kita lakukan. Nah game yang saat ini cukup digemari adalah game android. Kalian tentu pernah mendengar atau bahkan saat ini sedang memainkan game android favorit. Jika kalian pernah dan sedang memainkan game android, yuk komentar di bawah, game android apa yang kalian mainkan. Awal tahun ini, aku lagi suka main game android yang judulnya “Valkyrie Connect”. Dan kalau kalian mau tahu tentang gamenya bisa download gamenya disini. Namun dalam artikel ini, aku tidak akan membahas mengenai Valkyrie Connect, tapi mengenai dampak yang dihasilkan dari memainkan game. Tentunya dampak yang dihasilkan bisa positif dan juga negatif, maka dari itu diperlukan juga solusi yang tepat agar kalian terhindar dari dampak negatif.

Dampak yang dapat ditimbulkan dari bermain game

Pada dasarnya segala sesuatu yang kalian lakukan pasti akan ada dampak yang ditimbulkan. Dampak tersebut tidak semua positif dan tidak juga semua negatif, namun bisa keduanya karena dampak itu seperti halnya sebuah koin yang memiliki dua sisi. Nah sama halnya dengan bermain game, bila kalian bermain tanpa memikirkan dampak apa yang akan dihasilkan maka kalian perlu membaca artikel ini.  

Bermain game memang adalah salah satu hobiku (seperti yang telah aku tuliskan disini). Namun tidak semua jenis game aku mainkan, hanya beberapa game berjenis RPG (Role Playing Game), strategi dan puzzle yang sering aku mainkan. Bahkan game terkenal seperti Mobile Legends, AOV & sejenisnya belum pernah aku coba. Karena mengikuti perkembangan zaman, game ini hampir semuanya berbentuk online dan tersedia dalam berbagai perangkat. Bahkan game android pun termasuk di dalamnya sehingga game saat ini dapat dimainkan oleh semua orang. Dan yang lebih mengejutkan lagi adalah game ini dapat di-download dan dimainkan secara gratis (free)

Dampak negatif

1. Pengeluaran yang berlebih (boros)

Namun dibalik akses “free” yang ditawarkan, tetap perlu mengeluarkan rupiah untuk membeli beberapa barang (items) yang sifatnya opsional. Sejauh ini setiap main game, aku sangat minim sekali membeli items dengan rupiah karena kalau sudah mengeluarkan rupiah biasanya jadi terikat dengan game tersebut (kecanduan) dan susah untuk berhenti main. Maka muncullah pertanyaan, “apakah membeli items dengan rupiah itu wajib?” Jawabannya adalah tidak, tapi proses dalam memainkan game tersebut jadi lebih sulit (bahkan mustahil) dan ketika sampai ke tahap tersebut maka hanya ada dua pilihan membeli items atau quit (kalau aku memilih quit.. hahaha).

2. Waktu yang terbuang

Selain dari sejumlah rupiah yang dikeluarkan untuk membeli items, efek negatif lainnya adalah sejumlah waktu yang terbuang. Kecuali bila bermain game memang untuk menghabiskan waktu di saat jam istirahat atau untuk relaksasi setelah bekerja / belajar. Tidak dipungkiri bila game akan mengkonsumsi waktu yang cukup banyak maka dari itu pengembang game android pun (developer) mencoba untuk membatasinya dengan menerapkan sistem penyembuhan (recovery system). Dimana setiap pemain hanya diberikan sejumlah energi dan bila energi tersebut habis, maka harus berhenti bermain. Namun energi tersebut akan terisi kembali setelah beberapa jam. Namun dengan mengeluarkan sejumlah uang maka energi tersebut dapat dibeli dan dapat kembali bermain. Hal ini secara tidak langsung berhubungan dengan efek yang pertama dan akibatnya setiap pemain bermain sepanjang hari.

Dampak positif

1. Relaksasi otak

Bila paragraf diatas adalah mengenai efek negatif yang ditimbulkan, maka kalian pasti bertanya tentang sisi positif yang dapat ditimbulkan dengan bermain game android. Sisi positif ini dapat kalian temukan bila kalian bermain dalam batas waktu yang sesuai. Karena hal ini dapat membantu otak menjadi lebih relaks. Sesuai dengan artikel “Bermain game lebih menenangkan daripada meditasi” disebutkan bahwa bermain game lebih baik daripada hanya duduk santai atau bermeditasi. Kalian mungkin tidak menyadari bahwa saat kalian bermain game, kalian akan memusatkan pikiran kedalam game tersebut secara tidak sadar. Sedangkan bila kalian hanya duduk santai atau bermeditasi maka pikiran stress bisa muncul. 

Namun perlu diingat bahwa bermain game harus dalam jumlah batas waktu yang sesuai. Karena salah satu efek negatif yang ditimbulkan dari bermain game adalah waktu yang terbuang. Dan hal ini dapat menyebabkan kalian tidak bisa menyelesaikan pekerjaan atau aktivitas lainnya tepat waktu sehingga kalian perlu lembur.

2. Komunitas online

Selain itu ada efek positif lainnya dari bermain game android, yaitu komunitas online. Game android maupun game online lainnya dapat menciptakan suatu komunitas tersendiri. Maka dari itu dalam setiap game biasanya memiliki forum dan melalui forum ini kita bisa mendapatkan teman atau musuh (dalam dunia maya). Semuanya tergantung bagaimana kita menggunakan forum tersebut. 

Pengalamanku ketika bermain game online, pertemanan akan terbentuk dalam dunia maya dan kemudian berlanjut menjadi teman di dunia nyata, hal ini dapat terjadi dan bukanlah hal yang mustahil. Namun hal seperti itu tidak akan terjadi bila kita tidak bersosialisasi dalam komunitas tersebut. Komunitas adalah suatu hal yang dibutuhkan karena pada dasarnya kita adalah makhluk sosial.

bermain game android
Android OS

Solusi mengurangi dampak negatif dari bermain game

Selain dampak-dampak diatas, masih ada dampak lain yang dapat ditimbulkan dari bermain game. Dan setiap dampak memiliki solusi untuk mengurangi bahkan menghindari dampak yang ditimbulkan (khususnya dampak negatif). Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menentukan budget. Solusi ini dapat dilakukan bagi yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri. Bahkan para orang tua yang memiliki anak suka bermain game melebihi batas dapat menerapkan hal ini. 

Secara umum, items yang dapat dibeli dalam sebuah game android berkisar lima puluh ribu hingga satu juta rupiah (Rp150,000 – Rp1,000,000). Berdasarkan pengalamanku, dengan menetapkan budget sebesar seratus ribu rupiah (Rp100,000), kalian sudah bisa mendapatkan items yang cukup membantu. Hal ini akan lebih efektif bila ditambah dengan adanya event dalam game sehingga jumlah tersebut sudah cukup. Namun bagi kalian yang memiliki dana lebih, mungkin dapat menambah budget menjadi seratus lima puluh ribu rupiah (Rp150,000) per game. Dengan budget tersebut seharusnya cukup untuk menikmati game tanpa harus melewati “tahap mustahil” dalam sebuah game android. Namun tergantung dari jenis game yang dimainkan jumlah di atas bisa dianggap kurang.

Mengapa aku hanya menetapkan budget sebesar itu? Karena bila dilihat dari jangka waktu seseorang bermain game android, tidak banyak yang melebihi enam bulan apalagi satu tahun. Maka kalian dapat mempertimbangkan sendiri apakah jumlah uang yang dikeluarkan sebanding dengan lamanya masa bermain. Perlu diperhatikan juga beberapa game android yang kurang peminatnya tidak akan bertahan lebih dari 1 tahun. Jadi sebaiknya sebelum kalian membeli items dalam game android, perhatikan review dari game tersebut. Agar kalian tidak menyesal karena telah mengeluarkan uang dalam jumlah besar namun dalam beberapa bulan game tersebut tutup.

Kesimpulan

Sebagai pengguna dari game android tersebut, kalian tentu ingin mendukung perkembangan dari game yang kalian mainkan. Hal ini adalah wajar dan bila kalian memiliki dana lebih, maka kalian perlu mendukungnya. Karena setiap game android ada banyak pengeluaran yang diperlukan oleh pihak pengembang game seperti biaya server, biaya operasional, biaya marketing dan lainnya. Jadi tetaplah mendukung namun dengan perhitungan budget yah, agar kalian tidak mengalami dampak negatif seperti yang telah aku tulis diatas.

Bagi kalian yang sebelumnya memiliki pandangan negatif terhadap game android maupun game online dapat melihat juga dampak positifnya. Dan juga sebaliknya, kalian perlu sadar akan dampak negatif yang ditimbulkan. Aku berharap setelah membaca tulisan ini, kalian dapat mengerti dan mengontrol diri ketika bermain game android maupun game online.

Masih ada beberapa hal lain yang mau dibagikan, tapi lebih baik aku simpan dan bahas dalam post lain (biar keliatan rajin update blog-nya… hahahaha)

Thank you and see you in the next post..!!

game android logo google play
Google play logo -- trade mark & copyright owned by the company

Tinggalkan Balasan