Life

Makna Kegagalan Dalam Hidup

Makna kegagalan dalam pengalamanku

Apakah kalian mengerti makna kegagalan yang kalian alami? Hari itu adalah hari yang “gagal” bagiku, hari dimana aku melakukan kesalahan dalam pekerjaanku. Dan bukan teguran yang aku dapatkan, melainkan kata-kata kasar dari bos yang membekas dalam pikiranku. Aku gagal karena tidak memeriksa lokasi pertemuan dengan teliti, bahkan dalam perjalanan pun, supir yang mengantarku mengatakan bahwa tempat yang aku tuju itu bukan tempat pertemuan yang dimaksud. Akibatnya, pertemuan tersebut mundur dan aku harus menuju lokasi pertemuan sebelum mereka pulang. Setelah pertemuan tersebut selesai, pikiranku melayang karena terus memikirkan apa yang akan terjadi esok hari dengan bos, perkataan apalagi yang akan diucapkan kepadaku dan sebagainya.

Melewati hari yang “gagal” sangatlah sulit, karena berbagai pikiran negatif terus menghantuiku bahkan aku berpikir untuk resign dari pekerjaanku karena takut berhadapan dengan kegagalan tersebut. Maka hal yang aku lakukan adalah mulai mencari informasi lowongan pekerjaan dan juga menceritakan kegagalan yang aku alami dengan beberapa teman. Pada saat itu, aku terus berusaha dan berdoa agar Tuhan memberikan kekuatan dalam menghadapi kegagalan itu, karena kegagalan yang kulakukan telah tersebar ke seluruh kantor dan hal ini membuatku semakin tertekan. Namun, tidak lama kemudian aku mendapatkan informasi dari salah satu temanku yang bekerja di Singapura bahwa ada lowongan pekerjaan disana. 

Kegagalan bermakna yang membawa perubahan

Berawal dari informasi yang aku terima, aku “iseng” mencoba karena tahu bahwa kriteria bekerja di luar negeri itu cukup tinggi. Dan juga komunikasi di Singapura umumnya menggunakan bahasa inggris dan bahasa mandarin, namun aku kurang fasih berbicara menggunakan kedua bahasa tersebut (terutama bahasa mandarin). Aku coba mengirimkan segala dokumen yang diminta oleh perusahaan tersebut, dan aku juga mengirimkan ke beberapa perusahaan lain dengan harapan mendapatkan peluang yang lebih besar. Setelah dua minggu berlalu, aku mendapatkan sebuah email undangan untuk wawancara via telepon (saat itu belum ada whatsapp call) pada jam makan siang. Singkat cerita, aku masuk sebagai kandidat tahap berikutnya dan perlu hadir secara fisik dalam wawancara tersebut. Aku pun bersiap-siap dan segera mencari tiket pesawat menuju Singapura.

Saat wawancara pun tiba dan aku diminta untuk menyelesaikan sebuah gambar kerja sebagai ujian. Setelah melalui tahap wawancara tersebut, aku diminta untuk menunggu hasil pembuatan visa kerja. Setelah menunggu selama dua minggu, puji Tuhan, visa kerja ku berhasil tembus (mendapatkan visa kerja untuk warga Indonesia cukup sulit). 

“Hari itu menjadi hari kesuksesan bagiku.”

Dalam cerita pengalamanku di atas, aku mengerti makna kegagalanku setelah mendapatkan kesempatan bekerja di Singapura. Tetapi bagaimana aku dapat melewati kegagalan yang aku alami saat belum mengerti makna dari kegagalan tersebut? Berikut adalah beberapa hal yang dapat kalian lakukan untuk melewati kegagalan. 

Mengakui akan kegagalan yang dialami

Saat kalian gagal, hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah mengakui bahwa kalian gagal. Kalian perlu mencari penyebab kegagalan hanya setelah kalian mengakuinya. Karena saat kalian memilih untuk mencari penyebab terlebih dahulu maka kalian akan menemukan berbagai alasan untuk menjustifikasi kegagalan yang kalian alami.

Pengakuan terhadap kegagalan membantu kita menyadari bahwa dalam mencapai kesuksesan tidaklah mudah. Mungkin kita gagal, karena hanya mengandalkan kemampuan diri sendiri atau karena menolak bantuan dari orang lain. Namun saat kita mengakui kegagalan tersebut, kita mendapatkan pengalaman serta solusi dari kegagalan tersebut. Pada dasarnya kegagalan terjadi karena dua faktor utama, yaitu faktor internal dan eksternal. Dengan mengakui kegagalan kita yang merupakan faktor internal, berarti kita hanya selangkah lagi untuk menemukan penyebab dari kegagalan kita.

Menolak mengakui kegagalan

Bila kita menolak mengakui kegagalan kita, maka hanya faktor eksternal yang kita jadikan sebagai penyebab kegagalan kita. Yang dimaksud sebagai faktor eksternal dapat berasal dari pihak lain, misalnya kemacetan di jalan atau informasi yang diberikan salah. Kita bisa dengan mudah menyalahkan pihak lain, tetapi hal ini akan terjadi lagi dan kita hanya berputar dalam masalah yang sama.  

Masih ingat dengan cerita Pak Noto? Cerita Pak Noto dapat kalian temukan disini. Seperti Pak Noto, kita tanpa sadar hanya berputar dalam masalah yang sama karena menolak mengakui kegagalan kita. Menolak mengakui kegagalan menunjukkan bahwa kita belum dewasa dan egois, karena memilih mencari pembenaran dari kesalahan yang telah kita buat sehingga kita berhadapan dengan kegagalan. Seseorang yang telah dewasa berani mengakui kesalahan yang diperbuatnya serta bertanggung jawab terhadapnya. Maka dari itu, jangan takut untuk mengakui kegagalan kita.  

Makna kegagalan nampak saat mengakuinya
Mengakui kegagalan kita -- Designed by Rawpixel

Mencari komunitas yang mendukung kita bangkit

Mengakui kegagalan diri sendiri seringkali menyebabkan frustasi, karena kita menjadi rentan terhadap berbagai persepsi negatif. Sebagai makhluk yang terbatas, kita memerlukan bantuan dan kata-kata yang memberi semangat dari orang lain. Dalam hal ini, peran suatu komunitas sangat berarti dan kita memerlukan komunitas yang mendukung kita untuk bangkit dari kegagalan.

Kalian mungkin berpikir apakah di Indonesia terdapat komunitas seperti itu, karena bangunan komunitas seperti itu jarang terlihat. Namun komunitas tidak selalu identik dengan sebuah bangunan, karena sebuah komunitas merupakan sebuah perkumpulan yang tidak diwajibkan untuk memiliki sebuah bangunan untuk beroperasi. Seperti halnya sebuah komunitas pecinta seni, tidak memiliki bangunan khusus sebagai tempat mereka berkumpul. Lalu pertanyaannya, komunitas untuk orang-orang yang membutuhkan bantuan karena frustasi seperti apa?

Komunitas yang membantu kita menemukan makna kegagalan

Di negara-negara maju, umumnya memiliki komunitas bagi mereka yang depresi, dimana setiap orang yang mengalami depresi / frustasi berkumpul dan mendapatkan terapi dari seorang yang ahli di bidangnya. Namun di Indonesia, akses seperti ini belum banyak namun ada beberapa komunitas yang dapat kalian kunjungi, seperti :

  1. Indorelawan (www.indorelawan.org)
  2. I smile 4 you (www.ismile4you.org)
  3. Into the light Indonesia (www.intothelightid.org)
  4. Bipolar Care Indonesia (www.bipolarcareindonesia.org)

Selain komunitas diatas, ada beberapa komunitas serupa namun website mereka sudah tidak aktif lagi seperti :

  1. Sehat mental.id (www.sehatmental.id)
  2. Skizofernia.org (www.skizofernia.org)

Sebagian dari kalian mungkin menolak untuk bergabung dalam komunitas-komunitas diatas, karena khawatir akan mendapat stigma buruk dari masyarakat. Bila kalian tidak bersedia bergabung, maka kalian perlu membentuk komunitas kalian sendiri, yaitu dengan cara mengumpulkan teman-teman yang kalian percaya dan mau membantu. Saling mendukung dan memberi semangat adalah kunci kesuksesan dari komunitas semacam ini (untuk tingkat awal), namun bila kalian merasa frustasi yang kalian alami sudah cukup parah, maka perlu bergabung dengan komunitas di atas untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Mendapat support dari komunitas
Support dari komunitas yang mendukung -- Designed by Freepik

Tidak berhenti berharap kepada Tuhan

Bila setelah melakukan kedua tips di atas, namun masih belum menemukan makna dari kegagalan yang kita alami, maka jangan berhenti berharap kepada Tuhan. Teruslah berdoa. Yakinlah bahwa suatu saat Tuhan akan menunjukkan kepada kita makna dari kegagalan yang pernah kita hadapi.  

Banyak orang yang meninggalkan imannya kepada Tuhan karena tidak mendapatkan jawaban atas kegagalan yang mereka alami, bahkan ada yang menganggap bahwa Tuhan adalah faktor eksternal dari kegagalan mereka. Ironis, karena seakan-akan Tuhan adalah pribadi yang kejam karena membiarkan kita gagal tanpa memberitahu alasannya. Namun pada saat seperti itu, kita seharusnya semakin dekat dengan Tuhan yang kita sembah bukan menjauh. Kita mungkin berkata bahwa Tuhan meninggalkanku sehingga kegagalan menimpaku, tetapi faktanya kitalah yang menjauh dari Tuhan.  

Tuhan akan menunjukkan makna kegagalan kita

“Mengapa kita menyalahkan Tuhan atas kegagalan yang kita alami?”

Dalam ajaran agamaku, Tuhan adalah pribadi yang mengasihi kita melebihi kasih orang tua kepada kita, karena Ia datang menebus dosa kita di atas kayu salib. Namun seperti orang tua yang mengasihi kita dengan didikan atau memarahi saat kita melakukan kesalahan, Tuhan juga seperti itu. Kegagalan yang kita hadapi mungkin adalah ujian yang harus kita lalui, karena Tuhan ingin kita bergantung serta berharap kepadaNya.

Berdasarkan pemahaman di atas, aku yakin bahwa setiap kegagalan yang aku alami adalah karena Tuhan ingin supaya aku terus berharap dan berdoa kepadaNya. Namun aku tidak menyangkal bahwa saat mengalami kegagalan, sulit sekali bagiku untuk mengucap syukur. Pertanyaan yang selalu muncul adalah “Mengapa hal ini terjadi padaku?”

Bagaimana mungkin aku dapat mengucap syukur saat kegagalan menimpaku dan tidak mengetahui alasannya? Namun aku yakin bahwa Tuhan akan menunjukkan makna dari kegagalan itu. Memang terdengar konyol, tetapi aku memilih untuk selalu belajar berharap dan berdoa kepada Tuhan. Ini pilihanku, bagaimana dengan pilihanmu? 

Makna kegagalan dimengerti saat berharap kepada Tuhan
Tetap berharap kepada Tuhan -- Designed by Wirestock / Freepik

Kesimpulan

Setiap kegagalan memiliki makna dan makna kegagalan tersebut berbeda antara satu sama lain. Seperti diriku yang mengalami kegagalan dalam pekerjaan, menemukan bahwa makna kegagalan itu adalah untuk bekerja di Singapura.

Untuk dapat menemukan makna dari kegagalan yang kita alami, ada beberapa tips yang dapat kalian lakukan, seperti :

  1. Mengakui akan kegagalan yang dialami.
  2. Mencari komunitas yang mendukung kita bangkit.
  3. Tidak berhenti berharap kepada Tuhan.

Ketiga tips di atas bukanlah jaminan mutlak sehingga kalian menemukan makna dari kegagalan. Tetapi dengan melakukan tips-tips di atas, kalian mungkin akan menemukan petunjuk lain yang membawa kepada makna kegagalan kalian. Jangan memusuhi kegagalan, tetapi bertemanlah dengannya agar kalian semakin dekat dengan kesuksesan.  

Bagi kalian yang ingin membagikan pengalaman yang serupa, silahkan untuk mengisi kolom komentar di bawah. Mungkin cerita pengalaman kalian dapat menjadi inspirasi bagi setiap orang yang membacanya. Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat dalam menemukan makan kegagalan kalian.

Thank you and see you in the next post..!!

Tinggalkan Balasan