Life

Mengenal Aplikasi Online Dating — Part 1

Online Dating?

Nah artikel berikut yang mau dibahas hari ini adalah mengenai online dating. Siapa di sini yang belum pernah dengar tentang online dating? Atau siapa di sini yang belum pernah mencoba online dating? Hmmm… mungkin belum banyak yang tahu dengan istilah ini, tapi online dating di luar Indonesia sendiri sudah sangat terkenal (lumrah). Maka dari itu sedikit demi sedikit online dating akan menggeser pola dating konvensional di dunia. Mungkin bagi yang tertarik lebih dalam mengenai online dating, boleh membaca tulisan dari Mba Wiwit yang membahas dengan cukup detail beserta dengan referensi di “Bentuk Identitas dan Pola Sosial di Era Tinder”, karena dalam post kali ini aku tidak membahas mendalam mengenai apa itu online dating.

Bagi yang pernah mendengar atau mencoba online dating, tentunya nama aplikasi berikut ini terdengar tidak asing, karena ternyata banyak sekali penggunanya hanya saja mereka masih malu malu. Nah aku sendiri pernah menggunakan atau masih menggunakan aplikasi ini berhubung masih jomblo. Jadi sekalian memberitahu kalian aplikasi online dating apa saja yang bisa membantu para teman-teman jombloku terlepas dari statusnya. Jadi silahkan dibaca dulu sebelum mencobanya yah!

online dating tinder
Tinder logo -- trade mark & copyright owned by the company

Aplikasi Online Dating Tinder

Dari semua aplikasi online dating, aku yakin tinder yang paling banyak penggunanya baik di indonesia maupun di luar negeri. Karena dari semua aplikasi, tinder adalah yang paling praktis, mulai dari sign-up account sampai penggunaannya pun terbilang user-friendly. Hanya dengan memiliki account facebook maka kalian sudah bisa tergabung dalam aplikasi tinder. Kenapa harus aplikasi facebook? Karena menurut tinder, pengguna facebook tentunya memiliki foto dan dapat dikenali dengan mudah (selama kita mengisi profil di facebook dengan jujur & benar ya). Alasan lain menurut aku, facebook memiliki jumlah pengguna yang luar biasa banyak. Jadi daripada menggunakan email (yang jarang dibuka) lebih baik sign-up menggunakan account facebook (walaupun intinya tetap email).

Nah hal yang membuat penggunaan tinder user-friendly karena kita hanya perlu swipe kiri / kanan. Kiri artinya tidak suka sedangkan kanan artinya suka pada foto profil yang muncul di layar smartphone kalian. Atau kalau kalian lebih suka dengan menekan tombol, ada juga tombol “X” & “hati” (X artinya tidak suka, hati artinya suka) sebagai alternatif. Fitur lain dalam tinder adalah “Super Like” atau simbol “bintang”, fitur ini digunakan bila kalian benar-benar tertarik untuk berkenalan. Namun fitur “Super Like” ini hanya dapat digunakan 1×24 jam. Artinya kalian harus melapor terlebih dahulu bila akan menggunakan fitur ini dalam 1 hari kalian hanya diberi kesempatan 1 kali menggunakannya. Tapi jangan khawatir, fitur ini bisa digunakan lebih dari 1 kali dalam sehari (akan dibahas lebih lanjut).

Memulai Tinder

Sebelum kalian swipe kiri / kanan, jangan lupa untuk mengisi profil kalian sendiri dan sebisa mungkin jangan sampai kosong. Karena banyak pengguna yang mengosongkan profilnya entah karena malas, malu atau hanya ingin main swipe kiri-kanan saja. Namun selain daripada foto, profilmu juga dapat menjadi daya tarik bagi orang yang melihatnya. Misalnya kalian tidak punya foto selfie yang bagus untuk ditampilkan, maka kalian bisa mengisi profil kalian dengan tujuan hidup atau hobi kalian. Selain itu tinder juga memberikan kemudahan untuk integrasi account instagram kalian dalam tinder. Tinder mengerti bahwa banyak orang yang lebih suka mem-visualisasikan diri mereka melalui  foto dan instagram adalah media yang tepat. Maka itu kalian yang tidak suka menulis profil, mungkin bisa menggunakan instagram sebagai alternatif.

Fitur dalam aplikasi online dating Tinder

Tinder adalah aplikasi gratis yang dapat di download di smartphone kalian ataupun bisa di akses melalui komputer kalian. Namun seperti halnya aplikasi gratis lain, mereka memiliki fitur tambahan yang bisa didapat dengan membayar sejumlah harga. Dalam Tinder bila kalian bersedia untuk membayarnya maka ada sejumlah fitur tambahan yang kalian dapatkan. Disini akan aku bagi fiturnya menjadi fitur bagus dan fitur biasa saja (menurut pandanganku pribadi). 

Fitur yang bagus

  • Super Like 5x — fitur ini seperti yang telah aku tulis sebelumnya hanya saja dengan jumlah yang lebih banyak. Menurutku fitur ini sangat membantu karena profil yang diberi Super Like akan mengetahui bahwa profilnya tersebut disukai. Apabila ia swipe kanan juga maka akan menjadi match dan bisa saling berkenalan. Berbeda dengan swipe kanan biasa, dimana profil yang diberi like tidak akan mengetahui bahwa profilnya disukai atau tidak. Tapi bukan tinder namanya bila tidak menegangkan seperti hal menanti match yang kita inginkan. Jadi dengan fitur ini kesempatan kalian untuk dapat match akan lebih besar.
  • Location Alteration — fitur ini membuat kalian bisa merubah lokasi pencarian. Karena tinder hanya mendeteksi lokasi berdasarkan signal GPS dari smartphone ataupun provider internet kalian. Jangkauan yang dapat dicapai juga terbatas berkisar 160 km (maksimal). Nah dengan fitur ini kalian dapat pindah kota maupun negara dengan bebas dan mungkin kalian bisa mendapatkan kandidat internasional. Jadi menurutku fitur ini cukup membantu bila kalian ingin mendapatkan teman ataupun kandidat internasional (berharap ada yang mau).
  • Tinder Gold — fitur ini merupakan “next level” upgrade untuk account tinder kalian. Dimana fitur yang diberikan membuat kalian bisa melihat siapa saja yang menyukai kalian. Dengan mengaktifkan fitur ini berarti kalian juga mendapatkan semua fitur yang ada dalam tinder. Maka dari itu, menurutku fitur ini sangat membantu untuk mendapatkan match lebih cepat di tinder.

Fitur yang biasa

  • Rewind — fitur ini memberikan kalian kesempatan untuk re-swipe profil yang sebelumnya salah swipe. Menurutku fitur ini tidak begitu membantu karena profil itu bisa muncul kembali setelah kalian mencoba swipe terus. Memang tidak instan dan perlu beberapa minggu agar profil tersebut muncul kembali. Jadi anggaplah fitur ini hanya sebagai bonus.
  • Tinder Boost — fitur ini membuat profil kalian menjadi menjadi populer di sekitar area pencarian kalian selama beberapa menit (terbatas penggunaannya). Artinya profil kalian akan lebih sering muncul pada setiap pengguna tinder hanya bila setting mereka sesuai dengan profil kalian. Maksudnya bila kalian mencari lawan jenis dan mereka pun juga mencari lawan jenis, maka kesempatan itu akan muncul. Jadi jangan khawatir teman kalian (sesama jenis) akan melihat profil kalian di tinder akibat fitur ini. Menurutku fitur ini hanya sedikit membantu karena pemakaian harian yang dibatasi.

Kelebihan dan kekurangan aplikasi online dating Tinder

Memang semua fitur di atas tidak wajib dan aku sendiri bukan pengguna fitur fitur tersebut. Bila kalian ingin tahu lebih lengkapnya boleh mencobanya sendiri, namun tidak dianjurkan bila hanya ingin tahu saja. Aplikasi tinder bukanlah aplikasi sempurna sehingga tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Sehingga perlu aku bahas kelebihan dan kekurangan dari tinder ini sendiri (berdasarkan pandangan free user) antara lain :

Kelebihan dari aplikasi online dating Tinder

  • Kelebihan dari tinder adalah banyak kesempatan untuk menemukan pasangan. Karena tinder memiliki pengguna yang jumlahnya sangat banyak dan memiliki latar belakang yang berbeda sehingga kalian perlu bersabar. Dengan kesabaran, menemukan pasangan di tinder adalah bukanlah hal yang mustahil.
  • Kelebihan tinder lainnya adalah sebagai tempat marketing bisnis kalian. Secara tidak langsung, kalian dapat membagikan hasil karya kalian entah melalui instagram atau link yang dituliskan pada profil kalian. Namun kelebihan ini hanya menarik bagi mereka yang sedang mengembangkan bisnis. Tapi bagi kalian yang menggunakan tinder untuk serius mencari pasangan tentunya akan terganggu. Karena mereka hanya akan menawarkan bisnis mereka (seperti aku yang menjadi korban marketing kartu kredit bank).

Kekurangan dari aplikasi online dating Tinder

  • Kekurangan tinder adalah sebuah aplikasi online dating yang dikenal sebagai tempat orang mencari sex bebas ataupun hubungan tanpa status. Maka dari itu seseorang yang memiliki account tinder biasanya akan di cap dengan stigma seperti ini. Wajar saja bila banyak yang menolak mengatakan bila mereka memiliki account di tinder. Padahal aplikasi online dating lainnya juga memiliki tendensi yang sama. Hal ini dikarenakan tinder memiliki pengguna paling banyak sehingga stigma tersebut melekat pada tinder.
  • Kekurangan tinder lainnya adalah detail setting profil yang kurang lengkap. Karena dalam setting profil tidak ada pilihan mengenai suku, agama, ras atau tinggi badan yang dapat ditampilkan. Hal ini menyebabkan kalian hanya dapat memilih berdasarkan foto dan juga tulisan profil mereka. Menurutku cukup menghabiskan waktu bila kalian matched namun karena tidak sesuai dengan kriteria kalian, berakhir dengan unmatched.

Setelah membaca tulisan di atas, kira-kira kalian mau mencoba menggunakan tinder untuk mencari pasangan? Atau kalian mau membandingkan dengan aplikasi online dating berikut ini?

Online dating OKCupid
OKCupid logo -- trade mark & copyright owned by company itself

Aplikasi Online Dating OKCupid

OKC bukanlah singkatan dari Oklahoma City (bagi yang suka dengan NBA pasti tidak asing dengan singkatan ini), melainkan singkatan dari OKCupid. Aplikasi ini sendiri juga memiliki banyak pengguna, bahkan tidak jarang aku menemukan seseorang memiliki account di OKC maupun di Tinder. Yang membedakan antara OKC dengan aplikasi online dating lainnya adalah detail setting profil pengguna. Dari banyaknya aplikasi online dating yang pernah kucoba, hanya OKC yang memiliki detail terlengkap.  Melakukan sign-up account di OKC pun termasuk mudah karena hanya memerlukan alamat email yang aktif dan setelah menentukan nama tampilan kalian, maka kalian siap menjelajahi dunia OKC.

Nah di OKC sendiri sedikit berbeda dengan tinder, dimana OKC memiliki pilihan yang serupa seperti tinder (kalian hanya perlu swipe kiri / kanan). Atau kalian juga bisa memasukkan kriteria kalian dalam mencari pasangan (aku sangat setuju dengan fitur seperti ini dalam online dating) sebagai alternatif pilihan. Bila kalian memilih pilihan yang serupa tinder, maka secara acak profil akan muncul dan kalian hanya perlu swipe kiri / kanan. Tetapi kalian tidak dapat melihat deskripsi profil mereka bila kalian tidak menekan tombol like “bintang” pada foto profil mereka. 

Kelebihan dari mode ini adalah kalian bisa menemukan profil orang yang berada jauh (bahkan berbeda negara) dari kalian. Sedangkan bila kalian memilih mode pilihan berdasarkan kriteria, maka kalian bisa mengubah beberapa setting dasar seperti agama, ras, tinggi badan, dan lainnya. Bila ingin mengakses setting tambahan maka kalian harus membayar sejumlah harga. Menurutku setting dasar yang dapat diubah sudah sangat membantu untuk menyaring kandidat pasangan yang kalian cari. Karena dari pengalamanku tidak banyak yang mengisi detail profilnya dengan begitu lengkap, sehingga semakin banyak kita memasukkan kriteria maka kita bisa berakhir dengan tidak tersedianya kandidat (mengenaskan sekali).

Memulai OKCupid

Sama seperti di tinder, kalian jangan lupa untuk mengisi detail profil kalian. Karena dengan adanya fitur pencarian berdasarkan kriteria, maka kalian dapat memanfaatkan fitur ini lebih baik. Bila dibandingkan dengan fitur serupa dengan tinder, jujur fitur swipe di tinder lebih menarik dibandingkan dengan OKC karena di OKC tidak ada tombol Super Like. OKC sendiri menerapkan sistem dimana kalian dapat langsung mengirimkan pesan dengan kandidat yang kalian pilih tanpa harus matched terlebih dahulu. Namun biasanya bila kandidat tersebut tidak tertarik dengan kalian maka pesan kalian tidak akan dibalas alias dicuekin. 

Lalu apa fungsi dari tombol like di OKC? Sebenarnya tombol ini hanya berfungsi sebagai “bookmark” artinya hanya untuk menandakan kandidat yang menurut kalian memiliki potensi. Namun tidak jarang, ketika kalian memberikan tombol like pada seorang kandidat dan kemudian kandidat tersebut memberikan like pada kalian. Berarti kalian memiliki kesempatan untuk melanjutkan hubungan lebih dari sebuah pertemanan (berharap saja agar itu bukan tombol PHP ya.. hahaha).

Fitur dalam aplikasi online dating OKCupid

Nah berhubung OKC juga merupakan aplikasi gratis maka OKC pun menerapkan sistem seperti tinder, dimana ada fitur yang dapat diaktifkan bila membayar sejumlah harga. Dan dalam OKC bila kalian bersedia membayar maka kalian menjadi A-list user yang memiliki fitur tambahan seperti halnya aplikasi dating lain. Disini akan aku bagi juga menjadi fitur yang bagus dan fitur yang biasa saja (menurut pandangan pribadiku).

Fitur yang bagus

  • See Likes — fitur ini membantu untuk melihat profil orang yang memberikan like kepada kalian. Hal ini berarti kalian bisa mengetahui siapa stalker yang memberikan kalian like sehingga kalian dapat memutuskan apakah kandidat itu sebenarnya tertarik kepada kalian atau tidak sebelum mengirimkan pesan. Dengan kata lain, kalian dapat menghindari pesan yang terabaikan dengan fitur ini. Menurutku sangat membantu karena pada dasarnya manusia tidak suka bila diabaikan, jadi dengan mengetahui ketertarikan seseorang sebelumnya dapat mengurangi rasa sakit hati akibat pesan yang tidak dibalas.
  • A-list Premium — fitur tambahan dari A-list dimana dapat dapat membuat profil kita menjadi populer setiap harinya ketika dalam mode swipe dan juga pesan yang kalian kirimkan akan selalu berada pada urutan teratas. Menurutku fitur tambahan ini kurang memiliki daya tarik karena OKC bukan seperti tinder sehingga menjadi populer setiap harinya hanya akan menambah inbox kita bertambah akibat pesan dari orang lain yang tertarik dengan kita (pengalamanku ngak ada yang berlanjut ya). Sedangkan fitur yang membuat pesan kalian berada urutan teratas sudah tidak efektif, karena OKC baru memperbaharui sistem pesan mereka dimana setiap pesan yang masuk tidak langsung berada dalam inbox, namun hanya pesan yang sudah kalian reply yang ada dalam inbox. Hal ini berarti kesempatan pesan kalian terkubur di bawah lebih kecil.

Fitur yang biasa

  • Advance Filter Criteria — seperti yang sudah aku tulis diatas, fitur ini dapat membuat kalian mengakses setting tambahan dalam menentukan kriteria yang dicari. Menurutku fitur ini kurang efektif karena tidak semua pengguna yang mengisi profil nya dengan begitu detail, jadi fitur ini hanya akan membuat kalian tidak menemukan kandidat.
  • Read Message Recipient — fitur ini membuat kalian dapat melihat apakah pesan yang dikirimkan sudah dibaca atau belum. Sehingga kalian dapat tahu apakah kalian dicuekin atau diberi harapan oleh pesan yang belum dibaca (bagiku sama saja, sama-sama belum dibalas). Fitur ini menurutku juga kurang efektif, karena tidak merubah keinginan kandidat untuk membalas pesan kita, namun fitur ini hanya memberitahu kalian fakta yang terjadi dan fakta itu menyakitkan (hahahaha).

Kelebihan dan kekurangan aplikasi online dating OKCupid

Sama dengan tinder, aku tidak pernah membeli / membayar fitur-fitur tambahan tersebut dan bila kalian ingin tahu lebih detail, kalian bisa membuat account OKC dan membacanya langsung. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan juga di OKC yang mau aku bahas, seperti :

  • Sistem pesan di OKC dimana setiap pengguna dapat saling mengirimkan pesan tanpa harus saling memberikan like, maka dapat menyebabkan spam. Untungnya hal ini sudah diatasi oleh OKC dengan merubah sistem pesan sehingga pesan spam juga berkurang.
  • OKC memiliki detail setting profil yang sangat baik menurutku dan hal ini membuat setiap pengguna yang serius mencari pasangan akan sangat terbantu. Namun selalu ada kandidat yang tidak mengisi profilnya dengan lengkap, sehingga kandidat tersebut akan terlewatkan bila kalian menggunakan mode dengan memasukkan kriteria.
  • Sistem like di OKC kurang efektif untuk menunjukkan bahwa kalian serius dengan seorang kandidat. Karena banyak pengguna yang tidak membeli / membayar fitur A-list, sehingga kandidat tersebut hanya bisa menebak berdasarkan foto profil dan juga deskripsi profil (itu kalau diisi, kalau ngak ya main tebak-tebakan).

Kelebihan dari aplikasi online dating OKCupid

  • Sistem pesan di OKC dimana setiap pengguna dapat saling mengirimkan pesan tanpa harus saling memberikan like, maka dapat menyebabkan spam. Untungnya hal ini sudah diatasi oleh OKC dengan merubah sistem pesan sehingga pesan spam juga berkurang.
  • OKC memiliki detail setting profil yang sangat baik menurutku dan hal ini membuat setiap pengguna yang serius mencari pasangan akan sangat terbantu. Namun selalu ada kandidat yang tidak mengisi profilnya dengan lengkap, sehingga kandidat tersebut akan terlewatkan bila kalian menggunakan mode dengan memasukkan kriteria.

Kekurangan dari aplikasi online dating OKCupid

  • Sistem like di OKC kurang efektif untuk menunjukkan bahwa kalian serius dengan seorang kandidat. Karena banyak pengguna yang tidak membeli / membayar fitur A-list, sehingga kandidat tersebut hanya bisa menebak berdasarkan foto profil dan juga deskripsi profil (itu kalau diisi, kalau ngak ya main tebak-tebakan).
  • Fitur-fitur tambahan dari OKC pun bisa dikatakan standar, karena fitur tersebut tidak membantu meningkatkan persentase keberhasilan. Namun dengan membeli fitur tetap akan membantu kalian menggunakan aplikasi ini. 

Penutup

Sebenarnya masih ada aplikasi yang ingin aku ulas, namun artikel ini sudah cukup panjang jadi sebaiknya aku buat dalam artikel terpisah. Nah sambil menunggu artikel berikutnya, mungkin kalian boleh mencoba kedua aplikasi di atas karena menurutku kedua aplikasi di atas yang paling menarik fitur-fiturnya. Atau mungkin membaca artikel lain dalam blog ini. Aku sendiri masih menggunakan aplikasi dating tersebut ketika menulis artikel ini. Jadi kalau kalian menemukan profilku disana jangan kaget ya.

Thank you and see you in the next post…!!

PART 1 – END

Satu pemikiran pada “Mengenal Aplikasi Online Dating — Part 1

Tinggalkan Balasan